Rabu, 28 Maret 2012

Bank Muamalat Bantu Salurkan Kredit Rumah Subsidi

JAKARTA - PT Bank Muamalat akhirnya mengikuti jejak kelima bank umum dan konvensional lainnya dalam menyalurkan kredit program rumah bersubsidi dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). 

Direktur Utama Bank Muamalat Arviyan Arifin menyatakan, Bank Muamalat bersedia menyalurkan kredit FLPP ini semaksimal mungkin sesuai permintaan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

"Kami bersedia berapapun itu, mungkin sekira Rp1 triliun untuk tahun ini. Karena sesuai misi kami untuk menyejahterakan masyarakat dan membantu memajukan usaha pengembang-pengembang kecil dalam menyediakan rumah subsidi atau rumah murah bagi rakyat menengah kecil," katanya di sela penandatanganan MoU antara Bank Muamalat dengan Kemenpera, di Jakarta, Rabu (28/3/2012). 

Menurutnya, Bank Muamalat akan mengikuti seluruh ketentuan dalam penyaluran kredit ini termasuk suku bunga FLPP yang telah ditetapkan sebesar 7,25 persen. 

"Kami mengikuti semua aturan dari Kemenpera. Saya pun berharap kerja sama ini dapat dijalankan secepatnnya, karena kami sudah siap dari segi sistem operasional yang proses pencairan kreditnya lebih cepat," papar Arviyan. 

Selain itu, Bank Muamalat sendiri baru meluncurkan sistem Muamalat Consumer Center (MCC) yang berfokus pada pembiayaan hunian syariah (PHS), dengan jangka waktu atau tenor kredit hingga 15 tahun dan pencairan kredit yang cukup singkat hanya dalam waktu tiga hari maksimal untuk nilai rumah Rp500 juta. 

"Program MCC ini baru dapat diluncurkan untuk wilayah DKI Jakarta dan menyusul Bandung dan Surabaya dalam tahun ini. Sementara wilayah lainnya juga tetap dapat menikmati sistem ini lewat kantor cabang kami yang berjumlah 500 unit tersebar di 33 provinsi di Indonesia," tukasnya. 

(rhs)
Sumber Okezone

1 komentar: