Senin, 09 September 2013

BI Rate Naik, Siap-Siap Cicilan KPR Membengkak

JAKARTA - Seiring naiknya acuan suku bunga atau BI rate menjadi tujuh persen, dipastikan suku bunga KPR akan menyesuaikan. Hal ini dipastikan pula akan berpengaruh ke cicilan KPR tiap bulannya.

"Pengaruh terhadap cicilan, cicilannya (setiap bulan) semakin besar," kata Associate Director Ferry Salonto, kepada Okezone Selasa (3/9/2013).

Dia memprediksi jika kenaikan suku bunga tersebut juga akan berpengaruh ke harga jual rumah.

Selain itu, lanjutnya, dia juga mengatakan keadaan tersebut ditambah lagi dengan terbatasnya pasokan perumahan yang dibangun oleh pengembang. Belum lagi kebutuhan perumahan di kota yang setiap tahunnya semakin bertambah.

"Bila kondisi ini tidak bisa teratasi dengan baik oleh pemerintah, maka pasar properti diperkirakan akan lebih terpukul dan relatif akan terjadi perlambatan yang lebih dalam lagi," katanya.

Selanjutnya, selain naiknya BI rate, pelemahan rupiah juga harus diwaspadai oleh pelaku pasar properti. Terutama pengembang menggunakan material yang berasal dari luar negeri.

"Dan para pelaku pasar properti khususnya untuk proyek-proyek yang menggunakan material luar negri (hati-hati), karena semakin merosotnya rupiah," tandasnya. (nia)
 sumber okezone

0 komentar:

Posting Komentar