Selasa, 01 Oktober 2013

Aturan Baru KPR akan Diberlakukan Mulai Hari Ini

KPR  Aturan baru kredit pemilikan rumah atau KPR akan diberlakukan oleh Bank Indonesia pada hari ini, 30 September 2013. Aturan ini terkait dengan pemilikan rumah kedua dan seterusnya. Hal ini ditujukan guna meningkatkan aspek prudensial bank dalam penyaluran kredit properti.
Kebijakan ini juga bertujuan untuk menjaga stabilitas sistem keuangan serta memperkuat ketahanan perbankan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian. Hingga saat ini sendiri, pasar properti di Indonesia masih menjadi salah satu yang mendapat apresiasi pasar tercepat di dunia.
Aturan baru KPR rumah kedua
Dikutip pada laman Property Okezone, Senin (30/09/13) pertumbuhan KPR di Indonesia saat ini dibarengi dengan tingginya kenaikan indeks harga properti, seperti membayar uang muka sebesar 40% dan 50% untuk rumah kedua sangat tinggi.
Dengan diberlakukannya aturan ini, BI berharap dapat memperlambat tingkat pertumbuhan KPR. Bi mencatat. Pertumbuha peroperti di Jakarta tumbuh sebanyak 27,2% pada kuartak II-2013. Sementara, pertumbuhan suku bunga KPR bahkan melampaui tingkat pertumbuhan kredit secara keselurahn yakni sekitar 20% hingga 25%.
Pada Juli 2013, suku bunga KPR rumah dengan ukuran lebih dari 70 m2, tercatat mengalami peningkatan sebesar 25,5%  dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumny. Adapun untuk apartemen seluas 21 m2, tercatat meningkat hingga 85,6%, terhitung dari tahun ke tahun.
Sementara itu, jumlah orang dengan kepemilikan properti lebih dari satu juga telah meningkat. Pada tahun 2010, tercata sebanyak 4.700 orang memiliki properti lebih dari satu. Jumlah ini meningkat menjadi 6.500 pada tahun 2011. (raw)

Sumber: Property Okezone

0 komentar:

Posting Komentar