Senin, 25 November 2013

Inilah Dua Tipe Konsumen KPR Bank Syariah

RumahCom – Produk-produk bank syariah semakin diminati masyarakat Indonesia. Riset yang dilakukan MARS Indonesia pada 2012 lalu menyebutkan, rata-rata pertumbuhan total aset perbankan syariah dalam lima tahun terakhir mencapai 40%, sementara pertumbuhan penyaluran pembiayaan mencapai rata-rata 36,7% per tahun.

Januar Armansyah, Department Head Consumer Financing Business Development Department Bank BRI Syariah menjelaskan, ada dua segmen masyarakat yang menjadi konsumen kredit pemilikan rumah (KPR) bank syariah. 

Pertama, loyalis yang menerapkan sistem Islami. “Mereka ini menganggap bank konvensional mengandung riba, sementara bank syariah tidak mengandung riba,” kata Januar kepada Rumah.com.

Kedua, rasionalis. Biasanya konsumen tipe ini melihat mana yang lebih menguntungkan. Mereka membandingkan terlebih dahulu uang yang mesti dikeluarkan untuk mencicil.

“Jika menggunakan bank konvensional, biasanya mereka mendapat bunga tetap (fix) satu atau dua tahun pertama, setelah itu floating, tergantung kondisi ekonomi dan suku bunga acuan,” tuturnya. 

“Di sisi lain, cicilan bank syariah tetap, sementara income mereka akan naik terus. Nah, tentu hal ini akan meringankan mereka,” kata Januar. “Inilah penyebab pembiayaan syariah mulai diminati di negara-negara berpenduduk mayoritas non-muslim.”

Anto Erawan

0 komentar:

Posting Komentar