Selasa, 14 Januari 2014

Bank Mandiri Akan Fokus Penyaluran Kredit Rumah Murah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk berencana untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan ke sektor konstruksi. Namun demikian, bank BUMN tersebut akan lebih fokus kepada perumahan murah yang diprogramkan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

Direktur Keuangan Bank Mandiri Pahala Nugraha Mansury mengatakan perseroan akan membidik para pengembang (developer) yang masuk ke dalam kategori pengembang perumahan murah sesuai program Kemenpera.

Bank Mandiri, kata dia, akan berupaya meningkatkan pembiayaan kepada para pengembang tersebut.

"Tapi intinya kita perlu berhati-hati juga tahun 2014 yang terkait dengan pembiayaan sektor konstruksi, karena kan kita lihat juga dengan naiknya tingkat bunga yang ada juga tentunya akan mempengaruhi permintaan terhadap perumahan," kata Pahala di Jakarta, Senin (13/1/2014).

Lebih lanjut, Pahala menjelaskan pihaknya perlu menyeimbangkan antara dua hal. Di satu sisi Bank Mandiri ingin meningkatkan pembiayaan kepada para pengembang perumahan murah. Di sisi lain, peningkatan tingkat bunga yang ada dapat mempengaruhi permintaan atas perumahan.

"Kita berharap bahwa mungkin selama ini kita belum fokus untuk melakukan pembiayaan ke sektor tersebut. Tapi mudah-mudahan di tahun 2014 ini kita bisa lebih fokus dengan melihat siapa-siapa sebetulnya para developer yang pemain utama untuk developer yang di perumahan murah tersebut. Mudah-mudahan ini kita bisa tingkatkan," ujar Pahala.

Pahala mengungkapkan perseroan menargetkan pertumbuhan kredit di kisaran 16 hingga 18 persen di tahun 2014.

"Ya mungkin kita sekitar 1 dan 2 persen mungkin di atas tingkat pertumbuhan tersebut. Ya mungkin antara 17 sampai 20 persen tingkat pertumbuhan ke sektor tersebut," kata dia.

sumber binis keuangan kompas

0 komentar:

Posting Komentar